Home EdukasiCara Mengatasi Minyak Rem Tidak Mau Turun Dengan Mudah
Cara Mengatasi Minyak Rem Tidak Mau Turun Dengan Mudah

Cara Mengatasi Minyak Rem Tidak Mau Turun Dengan Mudah

Cara Mengatasi Minyak Rem Tidak Mau Turun Dengan Mudah – hallo teman teman semuanya ? salam seger waras untuk kita semua tentunya. Kembali lagi kami akan berbagi tips dan trik seputaran otomotif dan pada kali ini kita akan membahas cara ampuh mengatasi minyak rem tidak bisa turun.

Dalam beberapa kasus sempat di temui kendala semacam ini yaitu minyak rem yang tidak turun dan ternyata faktor utama penyebab minyak rem tidak mau turun adalah minyak rem kemasukan angin alias selang minyak rem ada gelembung angin, gelembung angin pada selang rem merupakan penyebab klasik terjadinya minyak rem yang tidak turun. Dan menurut saya sih untuk minyak rem yang tidak turun karena ada gelembung angin di selang atau di minyak rem itu sangat mudah bro sis.

Nah, kali ini ada beberapa cara menangani minyak rem yang tidak turun tepatnya ada 3 cara untuk mengatasinya bro sis, dan 3 cara ini sudah terbukti mampu mengatasi minyak rem yang tidak turun, seperti apa saja sih cara mengatasi minyak rem tidak bisa turun itu ? langsung aja kita ulas pembahasan setting rem cakram karena minyak rem yang tidak turun.

Mengatasi Minyak Rem Tidak Mau Turun

Ada beberapa tahapan yang bisa sobat semua lakukan,

Berikut ini cara cara yang bisa untuk anda praktikan dan silahkan coba cara yang dianggap paling mudah dan paling memungkinkan untuk dilakukan.

1. Mengatasi Minyak Rem yang Tidak Turun Dengan Membuang angin

Untuk cara pertama ini bisa bro sis coba sendiri di rumah, karena bahan bahan yang di butuhkan tidak telalu susah di cari dan juga cara menangani minyak rem yang tidak turun ini sangat mudah untuk dipraktikan. Yuk di coba trik satu ini, simak baik baik ya bro sis.

  • Selang Bening 1 meter.
  • Suntikan Printer.
  • Kunci pas ukuran 8 dan 10.

Setelah bro sis menyiapkan peralatan di atas kita mulai praktik nya, langsung saja.

2. Cara Mengatasi Minyak Rem yang Tidak Turun Dengan Dihisap

Nah, ia dihisap bro sis caranya berikut ini.

Bro sis semuanya bisa hisap minyak rem cakram melalui komponen nepel yang sebelumnya sudah bro sis kendurkan terlebih dahulu dengan kunci 8 dan 10 ( biasanya ukuran nepel master cakram (pala babi) berbeda beda, yang paling penting dalam cara ini adalah kendurkan nepel terlebih dahulu).

Maksudnya begini bro sis semuanya, saat mengisi minyak rem ke master atas maka minyak rem akan turun secara perlahan dan ini lah yang menyebabkan minyak rem yang tidak turun karena terdapat gelembung angin yang masih tersisa di selang rem, jadi untuk meminimalisir dan mencegah terjadinya hal tersebut maka hisap minyak rem dengan selang bening tadi melalui nepel yang sudah dikendurkan.

Nah, cara pertama mengatasi minyak rem yang tidak turun sudah selesai bro sis, untuk cara yang ke dua begini bro sis.

3. Mengatasi Minyak Rem yang Tidak Turun Dengan Menekan Handle

Nah, cara ke 2 dalam mengatasi minyak yang rem tidak turun ini merupakan cara yang paling umum dan sering dilakukan montir montir bengkel karena proses nya mudah dan hasilnya maksimal untuk mengatasi minyak rem yang tidak turun.

Cara ini sekaligus untuk membersihkan kaliber dan piston rem cakram yang ada di master cakram, dan berikut ini caranya bro sis.

Isi kaliper dengan minyak rem hingga penuh lalu setelah itu tekan dengan piston rem cakram sembari memasang piston rem cakram, perhatikan tabung master minyak rem, jangan sampai luber ya. Kemudian kalau sudah selesai pasang kalipernya kembali.

Nah, sudah selesai cara kedua kita mengatasi minyak rem yang tidak turun. Lanjut ke cara ke 3 bro sis.

4. Mengatasi Minyak Rem yang Tidak Turun Dengan Menyuntik

Nah, cara mengatasi minyak rem yang tidak mau turun ini bisa di sebut cara dorong tarik dengan suntikan. Karena pada proses nya nanti kita akan mendorong/menekan suntikan dan menarik suntikan tersebut, lalu seperti apa proses nya ? langsung saja bro sis baca penjelasan mengatasi minyak rem dengan suntikan berikut ini.

Pertama isi suntikan dengan minyak rem sampai penuh kemudian tancapkan di selang bening yang sudah terhubung di nepel master cakram, jangan lupa gapit selang dengan kunci pas dan kendurkan nepel nya. Setelah itu dorong/tekan suntikan sampai minyak rem menuju selang rem. Disini perhatikan bak master minyak rem, jangan sampai kepenuhan.

Kalau bak master cakram penuh maka tutuplah nepel terlebih dahulu lalu tarik suntikan supaya minyak rem tersedot, lalu buang minyak rem yang ada di selang. Kalau sudah selanjutnya adalah pasang kembali dan setelah itu dorong suntikan sampai udara palsu keluar dari selang. Cara cek udara palsu sudah keluar atau belum yakni dengan menekan handle rem sebelunya kencangkan nepelnya ya, kalu handle sudah keras berarti sudah hilang tu udara nya dan rem cakram sudah padat terisi.

5. Tahap Akhir Mengatasi Minyak Rem yang Tidak Turun

Tahap akhir dari mengatasi minyak rem yang tidak turun adalah sebagai berikut bro sis.

Setelah dirasa angin/udara palsu sudah hilang maka selanjutnya bro sis isi ulang minyak rem bro sis semua nya dan yang perlu di perhatikan adalah jangan samapi kepenuhan, bila kepenuhan malah akan membuat rem jadi seret.

Demikian tadi bro sis semua tema kita yang berjudul ” Berbagai Cara Mengatasi Minyak Rem yang Tidak Turun Dengan Mudah ” semoga bermanaat.